Ulasan Lengkap Perbedaan Telur Ayam Negeri dan Kampung - Distributor Telur Makassar, Usaha Agen Telur, Supplier Telur di Makassar, Grosir Telur Ayam

/
0 Comments
Telur ayam negeri dan kampung adalah dua jenis lauk tinggi protein yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia. Telur yang dilindungi oleh cangkang yang cukup keras membuatnya mampu bertahan lebih lama dalam suhu ruang jika dibanding dengan lauk jenis daging. Bahkan saat ini telur tak hanya dijadikan sebagai bahan makanan pengiring nasi serta sayur. Telur juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuat makanan ringan hingga kue di insdustri makanan. Bahkan baik telur ayam negeri maupun kampung juga banyak digunakan sebagai asupan di kala menjalankan program diet. Banyak pendapat yang membandingkan kandungan nutrisi keduanya. Ada yang bilang telur kampung memiliki nutrisi yang jauh lebih menyehatkan dibanding telu ayam negeri. Untuk mengetahui perbedaan kedua jenis telur ini secara signifikan, ulas penjelasan detail berikut.

Perbedaan Telur Ayam Negeri dan Kampung
Walaupun sama-sama dihasilkan oleh ayam, namun telur ayam negeri dan kampung tetaplah berbeda. Telur ayam negeri dan telur ayam kampung sangat popular khususnya di Indonesai. Menrut namanya, telur ayam kampung atau non ras adalah telur yang dihasilkan oleh ayam yang berkembang biak serta tumbuh secara liar atau diumbar. Sedangkan ayam ras atau ayam petelur diternak secara khusus. Berikut ini adalah perbedaan telur ayam negeri dan kampung secara siginifikan.
-          Sumber asupan
Telur ayam negeri dan telur ayam kampung tentu memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Selain berbeda lingkup dan cara hidupnya seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, sumber asupan makanan ayam negeri atau ras dengan ayam kampun pun juga berbeda.Perbedaan telur ayam negeri dan kampungdalam hal ini masuk dalam kategori perbedaan pakan yang diberikan pada kedua jenis ayam ini. Ayam ras atau negeri yang diternak oleh para peternak biasanya memberikan pakan khusus. Hal ini bertujuan supaya ayam-ayam memperoleh nutrisi yang cukup. dengan demikian, induk ayam dapat memproduksi telur dengan jumlah melimpah dan kualitas super.
Pakan yang benar-benar terjadwal jenis dan pemberiannya pada ayam ras tentulah berbeda dengan ayam kampung. Biasanya ayam ras diberi pakan jagung giling, sentrat dan tambahan vaksin supaya ayam tidak mudah terkena penyakit. Sedangkan ayam kampung pada umumnya tidak diberi vaksinasi atau bahan kimia lainnya. Ayam kampung cenderung mencari makan sendiri dan memperoleh asupan makanan yang lebih alami.
-          Berat telur
Perbedaan telur ayam negeri dan kampungjuga terdapat dalam berat masing-masing telur. ukuran telur ayam ras dengan telur ayam kampung berbeda. Bahkan perbedaan ukurannya cukup signifikan. Secara umum, telur ayam kampung memiliki ukuran yang lebih kecil dari telur ras. Secara umum, telur kampung memiliki berat sekitar 26,27 gram. Sedangkan untuk telur ayam ras, beratnya hampir dua kali lipatnya hingga 55,4 gram. Ketersediaan telur kampung yang cenderung lebih jarang atau lebih sedikit membuat harganya lebih mahal dibandingkan telur ayam ras. Memang terdapat peternak ayam kampung. Tapi jumlahnya jauh lebih sedikit dari peternak ayam negeri.
-          Warna cangkang
Telur yang berkualitas memiliki beberapa ciri-ciri. Salah satunya adalah cangkang yang bersih. Cangkang mampu melindungi bagian dalam telur dari bakteri atau kotoran luar yang mengganggu kualitasnya. Karakteristik tersebut merupakan salah satu pengertian telur. warna cangkang telur ayam ras dan telur ayam kampung tentu saja berbeda. Telur ayam kampung cenderung mempunyai warna yang lebih cerah dan lebih putih. Sedangkan telur ayam ras memiliki warna yang cenderung oren atau coklat muda. Bahkan tekstur cangkang telur ayam ras lebih kasar dibanding cangkang telur kampung yang cenderung halus. 
-          Kandungan nutrisi
Perbedaan yang sangat jelas terlihat antaratelur ayam kampung atau telur ayam rasadalah kandungan nutrisi. Beberapa kandungan nutrisi di dalam telur secara global antara lain zat besi, berbagai vitamin, asam lemak, kalsium, protein, energid an omega 3. Untuk hitungankandungan nutrisi yang terdapat pada telur ayam negeri antara lain 0,7 gr karbohidrat, 10,8 gr asam lemak, 86 mg kalsium, 3 mg zat besi, 154 kkal energi, 635 IUvitamin A, 0,12 Vitamin B1 dan 12,49 gr protein.  Namun menurut penelitian, kandungan protein yang terdapat pada telur ayam kampung jauh lebih tinggi dibanding telur ayam negeri. Karena alasan tersebutlah, biasanya telur ayam kampung dijadikan bahan campuran jamu.
Jamu yang popular di Indonesia sebagai penambah stamina yaitu Susu Telur Madu Jahe atau STMJ. Dimana kombinasi bahan yang dicampurkan di dalamnya antara lain susu, telur dan jahe.Saat ini telur ayam tak hanya digunakan sebagai lauk atau pendamping nasi dan sayur saja. Telur yang kaya akan nutrisi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan.
Mulai dari masakan yang sederhana seperti telur goreng dan telur rebus, hingga masakan yang rumit layaknya telur balado, fuyunghai dan masih banyak lagi. Bahkan bagi yang sedang menjalankan program diet, telur ayam ras maupun ayam kampunh sering dijadikan salah satu makanan sehat. Biasanya mereka hanya mengkonsumsi bagian putih telurnya saja yang mengandung lebih tinggi protein. Bahkan saat ini banyak industry makanan yang menjadikan telur ayam sebagai salah satu bahan utama produksinya. Beberapa produk makanan yangmenggunakan telur sebagai bahan utama antara lain kue, roti, snack dan makanan ringan lainya.
Ternyata baik telur ayam negeri dan kampung memiliki nilah lebih masing-masing. Memang telur ayam kampung lebih unggul dalam urusan kandungan nutrisi. Namun untuk masalah kuantitas layaknya ukuran dan daya jual, telur ayam negeri lebih diunggulkan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!

You may also like

Telur ayam negeri dan kampung adalah dua jenis lauk tinggi protein yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia. Telur yang dilindungi ole...

Tidak ada komentar: