6 Jenis Telur Yang Biasa Dikonsumsi dan Disediakan Oleh Distributor Telur di Makassar - Distributor Telur Makassar, Usaha Agen Telur, Supplier Telur di Makassar, Grosir Telur Ayam

/
0 Comments
Distributor telur di Makassar selalu bertambah setiap tahunnya. Bisnis telur khusunya telur ayam ras merupakan salah satu bisnis yang berkembanga pesat di salah satu kota di pulau Sulawesi ini. Telur adalah salah satu bahan makanan yang tergolong dalam kategori lauk. Hampir seluruh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia mengkonsumsi telur untuk mencukupi asupan nutrisi protein untuk kesehatan. Peternakan telur saat ini sudah menjamur di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Makassar. Oleh karena itu, tak heran jika perkembangan bisnis telur khususnya menjadi distributor di kota ini juga berkembang pesat. Telur merupakan lauk yang sangat mudah diperoleh. Harga telur khususnya telur ayam ras juga jauh lebih murah dibandingkan daging, ayam dan ikan. Tak heran jika telur merupakan bahan makanan bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Telur juga sangat mudah dan fleksibel diolah menjadi berbagai jenis makanan.

6 Jenis Telur Yang Biasa Dikonsumsi dan Disediakan Oleh Distributor Telur di Makassar
Telur adalah salah satu bahan makanan yang dijadikan sebagai lauk. Berbagai kandungan nustrisi terdapat di dalamnya antara lain protein, asam amino, omega 3, vitamin A, B, D dan vitamin E. Saat ini, telur ayam rasa tau ayam negeri menjadi jenis telur yang menjadi primadona. Bahkan saat ini sudah semakin banyak penjual ayam petelur di Makassar baik eceran maupun partai besar. Produsen atau peternak ayam petelur di Makassar juga cukup banyak sehingga pemenuhan permintaan telur masyarakat disana juga sangat tercukupi. Namun ternyata, jenis telur yang biasa dikonsumsi di Indonesia tak hanya telur ayam ras. Terdapat beberapa jenis telur lainnya yang juga cukup signifikan dijadikan sebagai bahan makanan yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Kira-kira apa saja jenis-jenis telur tersebuta? Berikut ini adalah daftar enam jenis telur yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
  1. Telur ayam negeri
Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, telur ayam negeri masuk ke dalam salah satu jenis telur yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Distributor telur di Makassar untuk telur ini juga sudah sangat banyak. Telur ayam negeri memiliki beberapa ciri fisik di antaranya berbentuk lonjong atau oval dan berwarna coklat cenderung oren serta coklat cenderung putih. Kemunculan telur ayam negeri merupakan hasil rekayasa genetika. Salah satu langkahnya adalah menambahkan nutrisi  pada asupan makanan atau menyuntikkannya langsung pada ayam. Telur jenis ini sangat mudah diperoleh dan harganya paling terjangkau di antara jenis telur yang lainnya. Berbagai masakan juga dapat dihasilkan dengan bahan dasar telur ayam negeri seperti balado, semur, telur goreng hingga menjadi bahan baku pembuatan berbagai camilan.
  1. Telur bebek
Jenis telur yang biasa dikonsumsi selanjutnya adalah telur bebek. Berbeda dengan telur ayam negeri yang mudah diperoleh, tidak semua agen telur di Makassar menyediakan telur bebek. Dilihat dari bentuk dan ukurannya, telur ini hampir sama dengan telur ayam negeri. Yang membedakan dari fisik luar adalah warna cangkangnya. Telur bebek memiliki cangkang berwarna biru muda. Kandungan protein telur bebek jauh lebih tinggi dibanding telur ayam negeri. Harganya pun umumnya lebih mahal. Tekstur telur bebek lebih kenyal dengan kuning telur yang lebih pekat dan baunya lebih amis. Telur ini mampu menyerap garap dengan cepat dan maksimal. Berbagai olahan yang dapat dibuat dari telur bebek antara lain telur asin, martabak telur, sebagai bahan roti, telur dadar dan masih banyak lagi.
  1. Telur ayam kampung
Selain telur ayan negeri, juga terdapat telur ayam kampung. Kedua telur sama-sama dihadilkan dari ayam namun jenis ayam yang berbeda. Ayam kampung adalah ayam yang dipelihara secara alami dan diumbar. Ukuran telur ayam kampung jauh lebih kecil dari telur ayam negeri atau telur bebek. Warnanya juga berbeda yakni cenderung putih. Banyak pula distributor telur di Makassar yang menyediakan telur ini. Rasa gurih yang dihasilkan telur ayam kampung membuat telur ini tak perlu diolah menjadi macam-macam masakan. Cukup digoreng, didadar atau dijadikan telur ceplok saja. Bahkan telur ini juga sangat berkhasiat sebagai bahan jamu tradisional alami. 
  1. Telur angsa
Selanjutnya ada telur angsa. Telur yang berukuran jumbo ini ternyata juga dapat dikonsumsi. Warna telur angsa ialah putih. Kandungan asam folat di dalam telur angsa sangatlah tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Di wilayah Padang Sumatera Barat, telur angsa biasa diolah menjadi berbagai hidangan seperti ditumis dengan campuran daging cincang, dicampur dengan sayuran hingga digoreng dadar biasa dengan bentuk yang lebih tebal.
  1. Telur penyu
Pasti banyak yang beranggapan bahwa telur penyu tidak dapat dikonsumsi. Ternyata anggapan tersebut salah. Telur penyu dapat dikonsumsi oleh manusia. Sekali bertelur, penyu dapat menghasilkan 100 hingga 150 butir telur, bentuk telur penyu seperti bola pingpong dan berwarna putih. Berbeda dengan telur ungags yang memiliki cangkas keras, telur penyu memiliki cangkang yang lunak. Walaupun dapat dikonsumsi, namun penyu merupakan jenis satwa amphibi yang dilindungi dan dijaga kelestariannya, oleh karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi jenis telur ini. Bahkan supplier telur di Makassar pun dapat dipastikan tidak akan memperjual belikan jenis telur ini karena melanggap undang-undang.
  1. Telur puyuh
Jenis telur yang terakhir adalah yang peling kecil ukuranya yaitu telur puyuh. Telur ini berasal dari unggas burung yakni burung puyuh yang banyak disediakan oleh distributor telur di Makassar. Ukurannya kecil dengan cangkang keras dan bertekstur. Warna yang mendominasi adalah coklat kehitaman, kandungan nutrisi telur puyuh jauh lebi besar daripada telur ayam. Wajar jika telur telur ini banyak dijadikan olahan sop, sambal goreng dan lain sebagainya.
Meskipun banyak ungags dan reptile yang hidup di Indonesia, namun masyarakat Indonesia lantas tak mengkonsumsi seluruh jenis telur yang dihasilkan oleh hewan-hewan tersebut. Hanya enam jenis telur di atas yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Distributor telur di Makassar atau kota lainnya pun umumnya hanya mendistribusikan jenis telur tersebut dan yang paling banyak adalah telur ayam negeri.

You may also like

Distributor telur di Makassar selalu bertambah setiap tahunnya. Bisnis telur khusunya telur ayam ras merupakan salah satu bisnis yang berk...

Tidak ada komentar: